Healthy

HOT News

Follow US


Terbaru

Sport

Usaha Katering Rumahan, Tips/Cara dan Analisis Terbaik


Jika anda merupakan jenis orang – orang yang suka dan hobi sekali dengan memasak maka usaha rumahan yang satu ini aptut untuk anda muali yaitu “Bisnis Katering Rumahan”. Banyak orang mengatakan bahwa memulai usaha yang terbaik itu adalah dengan menyalurkan hobi anda. Tahukah anda mengapa hal sangat diharuskan ??? ini karena jika anda menjalankannya anda akan merasa senang walau dalam mengalami sebuah kendala. Berbisnis yang sesuai dengan kita sukai dan menyalurkan hobi dan mendapatkan uang pengahasilan apalagi usaha itu dapat kita lakukan dirumah.

Dalan tata boga usaha ini sangat cukup terkenal, hampir disetiap iven – iven atau pesta – pesta seperti acara pernikahan, acara ulang tahun, khitanan dan acara lainya akan selalu membutuhkan yang namanya konsumsi untuk para pengunjungnya. Selain pada acara bisnis ini juga dibutuhkan oleh para penghuni kost seperti mahasiswa dan karyawan yang mereka menginginkan makanan yang cepat dan bergizi. Hal ini disebabkan karena kesibukan yang mereka alami sehingga peluang waktu untuk memasak sangat sedikit sekali.  Katering biasanya juga bisa menjadi salah satu alternatif yang baik dan ampuh untuk mengatasi masalah konsumsi yang ada di rumah tangga kita.

Bagi ibu – ibu yang pintar memasak dan sangat hobi bidang ini pantas untuk dijalankan akan tetapi bukan berarti para bapak – bapaknya tidak bisa melakukan dan mengembangkan usaha ini yah. Banyak kita lihat direstoran besar dan rumah makan yang ternama, untuk juru masaknya kebanyakan adalah pria dan bukan wanita. Selain hobi, anda yang berminat di usaha ini haruslah orang yang mengerti akan selera makan orang banyak atau para konsumen.

Memiliki bisnis ini mungkin menjadi dambaan bagi kita, apalagi jika usaha kita sudah mampu membayar beberapa orang pekerja. Karena dengan adanya pekerja anda tidak perlu memikirkan bagaimana memasak untuk keluarga sehingga ada waktu luang bagi anda untuk berlama – lama bermain atau bersilahturahmi ketetangga. Usaha ini dapat anda tentukan jam kerjanya asalkan anda selalu ON TIME untuk menyajikan masakan anda kepada para pelanggan anda.

Hal yang Perlu Anda Perhatikan

Mental atau psikis merupakan hal yang menjadi acuan untuk usaha ini. Hal ini dikarenakan kelak usaha ini akan menghadapi yang namanya masalah (tidak ada usaha yang tidak punya masalah selagi kita yang menjalankan masih hidup :D). So, siapkan mental anda dalam usaha ini. Untuk masalah – masala yang dihadapi bisa anda cari dan bertanya pada orang yang sudah pernah menjalan usaha ini.

Masalah operasional atau masalah teknis yang menyangkut semua seluk beluk pekerjaan haruslah dipersiapkan dengan matang. anda haru bisa menghitung kemampuan diri (finansial) dan keterampilan atau kemapuan dalam mengelolah bidang ini. Misalnya anda seseorang ingin membuka ayam bubur maka jika anda tidak pandai membuatnya namun anda mengerti cara pengelolaan dan pengembangannya anda bisa melakukan denga pereklutan anggota yang pandai memasak bubur ayam.

Selain itu, anda juga harus bisa memasak banyak hal sehingga pengetahuan anda akan banyak jenis kuliner harus ada. Anda bisa memperlajarinya dengan berburu buku – buku kuliner dan bertanya pada sahabat anda. Perlu diingat jenis masakan yang pertama perlu anda pelajari adalah masakan yang sesuai dengan kemayoritasan warga atau penduduk setempat. Hal ini dikarenakan pelangga yang pertama adalah orang didekat anda. Jika orang didekat anda orang minang maka mereka tidak suka dengan masakan jawa yang pedas manis dan sebaliknya.

Permodalan yang Dibutuhkan
Yang anda butuhkan diantaranya adalah :
Ø  Tata ruangan dapau yang membuat anda dalam bekerja nyaman dan cepat dalam mobilisasi atau pergerakannya. Membuat rak dan meja untuk bumbu – bumbu, sayuran dan peralatan dapur sangat penting.
Ø  Untuk permulaan sediakan perlatan sesuai dengan kebutuhan dan selebihnya dapat anda siasati dengan perlatan dapur sendiri.
Ø  Modal yang dibutuhkan adalah 50% dari harga makanan yang akan dipesan oleh pelangga dan tidak ada salahnya jika anda meminta uang didepan.

Pemasaran Usaha ini
Berikut adalah berbagai macam pemasaran :
v  Jika anda mempunyai teman atau relasi yang banyak maka sebarkan kartu nama anda yang berisi usaha anda dan alamat anda.
v  Promosi dengan media lokal seperti koran, radio akan efektif
v  Via internet juga bisa karena menjangkau berbagai kalangan
v  Menawarkan dari mulut ke mulut
v  Menyertakan label dan nomor telpon anda disetiap bungkusan yang dipesan orang.

Tips Sukses
ü  Tetap jaga kualitas makanan anda. Ada dua cara yaitu dengan menaikkan harga dengan kapasitas besar dan harga tetap namun kapasitas dikurangin.
ü  Menjaga perelatan dan ruangan dari kotoran. Kebersihan merupakan hal penting jika tidak resiko yang dihadapi adalah keracunan bagi banyak orang.
ü  Jalin hubungan kerja sama dengan perkantoran, per kost-an dan organisasi- organisasi yang selalu membuat acara atau iven tertentu.
ü  Jangan enggan untuk memberikan diskon kepada pelanggan baru, karena perkenalan pertama sangatlah menentukan mau atau tidak lagi ia memesan pada anda.
ü  Yang terakhir, berdo’a kepada Allah SWT itu penting karena segala sesuatu tetap bermuara pada Allah.

About Unknown

Adds a short author bio after every single post on your blog. Also, It's mainly a matter of keeping lists of possible information, and then figuring out what is relevant to a particular editor's needs.

Tidak ada komentar:

Leave a Reply


Top