Healthy

HOT News

Follow US


Terbaru

Sport

Tips dan Cara Membuka Usaha Bisnis Salon Muslimah


Sepertinya belakangan ini artikel yang dibuat oleh KesiniAja.Com adalah usaha untuk para wanita. Dan satu lagi usaha yang cocok untuk untuk wanita adalah salon muslimah. Hal ini berdasarkan pertimbangan bahwa semakin meningkatnya jumlah para perempuan yang menggunakan jlbab sebagai pakaian penutup aurat diri. Hal inilah yang membuat kehadiran salon muslimah akan semakin diminati oleh kalangan pengguna jilbab. Salon ini merupakan salon yang beda dari salon – salon yang lain. Diantara perbedaan yang menjadi kelebihan dari yang lain adalah memberikan kenyamanan dan privasi tersendiri bagi para wanita yang menggunakan jilbab. Aturan agama islam yang sangat baik mengajarkan bahwa wanita harus menutup aurat dari yang bukan muhrimnya. Jika sesama wanita dan masih dalam satu agama maka hal ini masih diperbolehkan. Tidak semua salon bisa memberikan fungsi ini kepada pelanggan seperti mereka ini. Kebanyakan mereka menggabung pelayanan antara para wanita dan para pria. Hal ini yang membuat para muslimah yang memakai jilbab enggan untuk datang atau berkunjung. Nah, melihat peluang tersebut kehadiran salon muslimah bagi para muslimah yang mau bekecimpung dibidang kecantikan akan disambut dengan hangat oleh wanita muslimah lainnya. Selain itu, pertimbangan kodrat wanita yang selalu ingin tampil cantik juga menambah peluang ini akan memberikan provit yang lebih.

Usaha ini berkaitan dengan dunia ke islaman, sehingga sebelum anda memulai usaha ini anda harus mempunyai pengetahuan yang cukup tentang kode etik pelayanan ke muslimahan. Lakukan juga survei atau tanya jawab terhadap calon-calon pelanggan atas apa yang mereka harapkan dari sebuah salon muslimah. Survei tempat yang anda jadikan juga harus, apakah daerah tersebut mayoritas islam ataukah non-islam atau tempat tersebut penuh dengan orang yang berbuat maksiat atau malah banyak yang menggunakan jilbab. Anda juga harus mempertimbangkan apakah anda harus memfungsikan rumah anda atau anda malah harus menyewa sebuah ruko atau toko.

Mempersiapkan tenaga kerja jika banyak pelanggan yang akan berkunjung ke salon anda juga harus diperhitungkan. Jika anda tidak mampu menggaji mereka setiap bulan maka anda bisa menggunakan sistem perhari atau per kali service orang. Perekrutan tenaga kerja hendaknya haruslah dengan sangat teliti karena jika salah dalam memilih orang maka pelanggan akan segera lari ketempat lain dan tidak mau datang kecuali terpaksa. Nah, kalau bisa anda harus mencari pelangga seorang dokter kecantikan  agar anda sudah mempunyai standar yang sudah di arahin oleh yang memang tahu dibidangnya.

Hal yang Harus Diperhatikan

Ø  Mempunyai pengetahuan tentang syariah islam dibidang fikih wanita sehingga akan berdampak pada pelayanan yang sesuai dengan kaidah agama.
Ø  Diperlukan tentang perawatan rambut, wajah, kulit dan tubuh.
Ø  Mampu mengembangkan usaha alias kemanajemen dalam usaha
Ø  Mempunyai modal seprti finansial yang cukup untuk memulai usaha ini

Modal yang Dibutuhkan

v  Tempat yang nyaman dan tertutup dari kalangan pria terutama yang bukan muhrimnya. Hal in berdasarkan oelh ajaran umat islam.
v  Alat salon dari berbagai macam dan bentuk serta bahan yang akan digunakan dalam penyalonan
v  Selain itu biaya operasional juga harus diperhatikan. Pengelolaan yang baik akan mengurangi biaya pengeluaran.

Pemasaran yang baik

Mendia cetak bisa anda gunakan sebagai sarana promosi usaha anda ini. Misalnya anda menyebarkan brosur, leaflet, pamflet dan pasang iklan. Jika anda mempunyai modal yang lebih dalam promosi maka program televisi lokal dan radio lokal bisa anda manfaatkan. Promosi dari mulut ke mulut juga anda bisa lakukan kepada para tetangga, teman se organisasi, teman searisan dan keluarga besar anda.

Ada sarana promosi yang gratis dan dapat menjangkau banyak kalangan. Apalagi kalau tidak dunia internet. Tawarkan jasa anda ini melalui pembuatan blog, fans page facebook, twitter dan lain sebagainya. Jika anda tidak bisa membuatnya di internet banyak orang menjaual jasa ini. Jika sudah jadi anda sangat mudah dalam menjalankannya.

Kendala yang Mungkin harus anda Hadapi dalam Usaha ini

ü  Mungkin bukan hanya anda yang membaca halaman ini dan mungkin juga banyak yang membaca peluang ini, so persaingan mungkin akan semakin ketat. Soluis bagian anda tetap berikan yang terbaik dan terus berinovasi.
ü  Sangat jarang wanita yang mempunyai keahlian yang spesifik dibidang kecantikan. Jika ada mereka cenderung meminta gaji lebih atau membuat salon sendiri.

Tips Sukses untuk Usaha Ini

§  Jaga terus kepuasan konsumen. Untuk mengetahui ini anda bisa menanyakan lansung atau anda bisa suruh pelanggan anda untuk mengisi kuisoner sacara jujur tentang pelayanan dan masukan.
§  Pilihlah pekerja yang murah senyum dan mudah mengajak orang untuk berkomunikasi hal ini dikarenakan pelanggan anda adalah WANITA.

About Unknown

Adds a short author bio after every single post on your blog. Also, It's mainly a matter of keeping lists of possible information, and then figuring out what is relevant to a particular editor's needs.

Tidak ada komentar:

Leave a Reply


Top