Healthy

HOT News

Follow US


Terbaru

Sport

Cara Membentuk Otot Dada di Rumah dengan Cepat Metode Push Up, Barbel/Dumbel dan Pull Up


Sebagian dari pria yang ada didunia ini menenganggap otot adalah salah satu yang cukup keren untuk dibanggakan oleh kalangan para wanita, namun masih dalam tanda kutip “antara suami dan istri” saja. Baik dalam kesempatan kali ini kesiniaja.com akan sharing beberapa informasi yang didapatkan tentang bagaimana sih cara terbaik dan tercepat membentuk otot dada.
Sebelumnya kita bahas dulu tentang yang namanya otot ya ? otot terutama pada manusia merupakan salah satu dari beberapa jaringan yang ada didalam tubuh manusia yang dapat menggerakkan tulang sehingga kita bisa mengangkat barang-barang yang beratnya lebih dari berat tubuh kita. Otot sering difungsikan sebagai jaringan alat penggerak yang bersifat sadar dan tidak sadar pada manusia termasuk juga hewan atau binatang.
Anda juga perlu tahu tentang jenis-jenis otot yang ada pada manusia. Ok dalam kesempatan ini saya terangin 3 jenis otot pada manusia. Jika anda berfikir, untuk apa sih kita harus mengetahui jenis – jenis otot ?” baik saya akan kasih tahu fungsinya apa. Fungsinya adalah ketika kita tahu jenis maka kita akan tahu spesifikasi dan sifat otot tersebut sehingga mudah bagi kita dalam membentuk otot yang ingin kita buat lebih menawan. Berikut adalah pembagian jenis – jenis otot :
Yang pertama adalah otot polos. Otot polos merupakan otot yang bekerja secara tidak sadar alias dikendaliakan oleh syaraf kita dan biasanya terdapat di organ pencernaan manusia dan hewan. Kedua adalah otot jantung, merupakan otot yang terus memompa jantung seperti namanya. Otot ini juga bekerja tanpa kita sadari alias dikendalikan oleh otak kita. yang terakhir atau yang ketiga inilah bagian dari otot yang akan kita bahas lebih mendalam yaitu otot lurik. Otot dada termasuk kedalam otot lurik. Tahukah anda mengapa dibilang lurik ??? ini dikarenakan bentuknya yang berlurik-lurik (belang-belang).
Otot lurik atau dicontohkan otot dada mempunyai energi yang besar, namun cepat sekali lelah dan ini karenakan adanya penumpukan asam laktat pada sel -  sel ototnya. Nah, penumpukan ini yang membuat kita yang asik berlatih push up dan angkat barbell merasakan otot kita sakit atau terasa ngilu – ngilu kalau digerakan. Bagaimana cara mengatasinya ??? berikut adalah tipsnya :
v  Mengkonsumsi gula alami seperi gula aren, madu, teh, atau makan tebu setelah latihan. Gula pada minuman dan makan tersebut akan cepat memenuhi kebutuhan otot dalam metablisme dan mengurangi asam laktat (perhatian jangan terlalu sering bisa mengakibatkan diabetes, seperlunya saja !).
v  Banyak mengkonsumsi telur terutama bagian putihan telur dan hindari kuningan telur.
v  Banyak mengkonsumsi daging.

Baik sekarang kita lanjut ke latihan yang akan membuat otot dada lebih menawan :
1.    Push Up
Semua orang mungkin pernah melakukan yang namanya push up. Gerakkan mengangkat tubuh dengan menelungkupkan badan ini sebenarnya lebih mengutamakan otot tangan yaitu bisep dan trisep 70% (perkiraan kesiniaja.com) dan selebihnya adalah otot dada. Namun, dengan pola push up yang baik maka 30% penggunaan otot dada akan bertambah menjadi 40%. Kebanyakan dari kita jarang sekali yang mampu melakukannya dalam jumlah banyak. Berikut tipsnya “Lakukanlah pada hari pertama sesuai dengan kemampuan anda misalnya 10. Pada hari kedua dan ketiga tetap 10 kali dan pada hari keempat anda tambah misalnya 3 menjadi 13 x dan ulangi kembali sampai 3 hari hingga anda bisa mengulanginya menjadi 20 kali. Jika dalam latihan anda merasa keram yang luar biasa maka berhentilah beberapa hari. Hal itu bisa disebabkan tidak ada pemanasan atau penumpukan asam laktat”.
2.    Pull Up
Ini merupakan gerakkan mengangkat tubuh dengan cara bergantung diri sampai dagu anda. Pull Up bisa anda lakukan di pentilasi pintu kamar anda. Latihan ini melibatkan otot tangan seperti bisep, dada dan punggung. Hendaknya sebelum melakukan ini anda pemanasan dahulu dan stretching.
3.    Angkat Bar Bell
Nah, dari latihan yang dua diatas ini merupakan latihan yang peraktis tapi cukup efektif. Pada dasarnya memang melibatkan otot tangan akan tetapi denga perubahan posisi tubuh saat mengayunkan bar bell maka otot dada anda akan merasakan beratnya bar bell. Berikut posisi yang kami kutip :

foto dikutip dari duniafitnes.com
foto dikutip dari belajarfitnes.bogspot.com
foto dikutip dari belajarfitnes.bogspot.com
foto dikutip dari belajarfitnes.bogspot.com

About Unknown

Adds a short author bio after every single post on your blog. Also, It's mainly a matter of keeping lists of possible information, and then figuring out what is relevant to a particular editor's needs.

3 komentar:


Top