Healthy

HOT News

Follow US


Terbaru

Sport

Cara Mencegah dan Mengatasi serta Merawat Gigi Berlubang Secara Alami


gigi berlubang mungkin tidak semua orang mengalaminya. Dimungkinkan karena gigi yang terawat dengan baik. Pelubangan pada alat pengunyah manusia ini merupakan penyebab sakitnya gigi seperti denyut dan membengkak. Tak jarang orang yang mengalami sakit ini akan marah jika diajak berbicara dan dipaksa tertawa, so yang jelas jika bergerak maka sakit akan semakin bertambah.

Sebenarnya ada beberapa faktor yang membuat gigi berpenyakitan, namun kebanyakan orang sering mengalami hal ini. Orang yang mengalami sakit pada gigi umumnya adalah kecil rentan umur 7-16 tahun. Alasannya anak – anak seumuran ini belum tahu dan pandai tentang pentingnya menjaga kebersihan diri. Akan tetapi jangan salah juga, banyak juga loh orang dewasa yang giginya berlubang. Loh kok bisa yaaa ??? ini disebabkan kebiasaan yang tidak baik, misalnya seperti makan sesudah gosok gigi atau sebelum tidur tidak gosok gigi dan lain – lain.

Gigi yang berlubang dapat menimbulkan rasa sakit yang dapat membuat orang dewasa menangis darah (lebay yaaa) dan menimbulkan pembengkakan pada bagian gigi yang berlubang. Selain itu, bau mulut juga ditimbulkan oleh hal ini juga. Nah mengapa hal ini bisa terjadi ??? ini terjadi karena pada lubang tersebut berkembang bakteri – baketri yang memakan sisa makanan. Bakteri – bakteri ini juga yang menyebabkan gigi berlubang. Jika kotoran atau sisa makanan banyak dan diimbangi dengan bakteri dan kebiasaan tidak suka menggosok gigi sebelum tidur dan sesudah makan maka pelubangan pada gigi semakin cepat.

Dari uraian diatas kita dapat menyimpulkan bahwa semua saling berentetan atau saling berhubungan. Jika anda makan kemudian tidak membersihkan mulut dengan menggosok gigi sehingga bakteri akan menguraikan dan melubangi gigi dan menimbulka dampak mulut bau (pertama) dan lebih lanjut gigi sakit atau berdenyut. Beritu tips ampuh untuk mencegahnya :

1.    Rajinlah menggosok gigi sebelum tidur dan sesudah makan, alias dua kali dalam sehari.  selain menggosok gigi dengan baik (dari atas kebawah dan kanan ke kiri dan hingga bagian – bagian yang dalam) dan jangan lupa juga untuk menggosok lidah. Lidah digosok berfungsi untuk mengurangi jumlah bakteri dan bau mulut. Perlu diketahui jangan terlalu dalam memasukkan sikat gigi kedalam mulut dalam menggosok lidah, bisa muntah nantinya.

2.    Hindari merokok dan makan dan minum yang terlalu manis yang mudah melekat pada gigi dan berkarbonasi. Ketiga jenis makanan dan minuman ini dapat menyebabkan susah dalam pembersihan dan mengakibatkan iritasi dan demineralisasi (makanan manis yang memproduksi asam).

3.    Sering datang kedokter gigi untuk diperiksa. Pemeriksaan gigi ke dokter gigi sangatlah penting karena akan mudah mengetahui atau mendeteksi bagian yang berlubang dan susah dibersihkan. Lakukanlah dua kali dalam setahun atau enam bulan sekali walau anda merasa tidak apa – apa dibagian mulut kita.

4.    Biasakan untuk kumur – kumur setelah makan. Hal ini akan melepaskan sisa makanan yang tidak tertelan dan lengket pada sela-sela bagiannya. Selain itu, juga mengurangi asam yang diciptakan oleh makanan yang banyak mengandung karbohidrat.

5.    Sesering mungkin bersihkan gigi dengan benang dibandingkan dengan lidi atau tusuk gigi. Tusuk ini akan menciptakan luka pada gusi, sehingga dapat diinfeksi oleh bakteri.

6.    Perbanyaklah memakan makanan yang dapat menguatkan gigi. Misalnya anda makan daun kemangi dan lain – lain.

Nah, bagaimana solusi untuk teman teman yang giginya sudah terlanjur berlubang ??? berikut tips atau solusinya :

1. Segeralah kedokter gigi untuk ditambal atau dicabut

Dokter akan memeriksanya terlebih dahulu dan kemudian akan memberi tahu kepada kita seberapa besar lubang yang ada. Jika lubang tidak terlalu besar atau masih halus maka dokter akan memberikan solusi kepada kita untuk menambal gigi kita. penambalan disini dimaksudkan adalah menambah suatu zat kepada lubang tersebut. penambalan dilakukan tidak bisa lansung begitu saja ditambal. Karena pada lubang tersebut mempunyai gas, jika penambalan dilakukan maka gas tersebut tidak keluar. Nah, dokter akan memberikan semacam obat penghilang rasa sakit dan pada pertemuan selanjutnya barulah gigi berlubang anda ditambal sementara dan penambalan permanen pada pertemuan anda selanjutnya.

Jika lubang terlalu besar maka solusi yang akan diberikan adalah dengan mencabut gigi anda. Pencabutan akan memakan waktu sama halnya dengan penambalan gigi. Pada tahap ini sang dokter akan memberi obat penghilang rasa sakit dan mematikan syaraf gigi, sehingga tidak terasa saat dicabut.

2. Ganti dengan gigi baru dan lakukan cara pencegahan sesuai yang diterangkan diatas
Ketika anda mengganti alat kunyah anda ini maka akan bertambah pula kewajiban anda untuk merawatnya. Perawatan gigi imitasi anda sedikit berbeda. Sekian info dari Kesiniaja.com.

About Unknown

Adds a short author bio after every single post on your blog. Also, It's mainly a matter of keeping lists of possible information, and then figuring out what is relevant to a particular editor's needs.

Tidak ada komentar:

Leave a Reply


Top