Healthy

HOT News

Follow US


Terbaru

Sport

Jual Jamur Tiram/Merang di Pekanbaru, Peluang Besar Untung Gedek

Ada pepatah mengatakan “Orang akan bahagia bila orang tersebut berada dalam dunianya sendiri atau bidangnya sendiri” akan tetapi menurut saya ini tidak berlaku kalau dalam berwirausaha. Jika ada peluang besar mengapa harus dilewatkan. Bisnis mahasiswa kali merupakan bidang anak pertanian tapi kenyataannya dilapangan masih banyak juga yang bukan anak pertanian malah menggeluti usaha ini loh. Ini sejalan dengan pendapat seorang motivator wirausaha wanita Rita (nama tidak sebenarnya). Dia berpendapat “menjadi seorang pengusaha itu tidak perlu yang namanya bakat dari lahir yang terpenting adalah anda mau bergerak dan melakukannya”. Nah, untuk kamu yang kepingin usaha Jamur Tiram dan Jamur Merang di Pekanbaru Riau walaupun bukan jurusannya maka hajar saja yang terpenting kamu mesti latihan dahulu.
Jamur merupakan tanaman yang cukup langka di pekanbaru namun memasuki era global ini permintaan semakin banyak karena banyaknya rumah makan atau restoran-restoran yang menyajikan menu-menu yang berkaitan dengan jamur. Peluang ini sedikit sekali dapat dibaca oleh para mahasiswa, so jika kamu yang pertama maka kamu yang untung terlebih dahulu.

Cara Pembuatan (Ringkas berdasarkan pengalaman pribadi)
Sediakan 15 kg Serbuk Gergaji, 2,25 kg dedak, Gips (CaSO4) 0,15 kg, Kapur (CaCO3) 0,375 kg, Tepung Kanji 2 kg (ini merupakan formula baglog). Kemudian homogenkan (campur hingga merata) dan campur dengan air tidak terlalu basah dan jika digenggam tidak mengeluarkan air. Adonan tersebut tutup dengan terpal hingga 5 hari.
Setelah penutupan selama itu, masukkan adonan ke plastik tahan panas ukuran 20cm x 35cm dan ikat dengan tali atau karet gelang. Plastik yang digunakan bukanlah plastik es batu melainkan plastik khusus tahan panas. Kemudian kukus semua baglog kedalam tempat pengukusan selama 5 jam (dimulai dari air mendidih).

Cara Memasukkan Benih ke dalam Baglog
Baglog yang siap dikukus dibiarkan satu hari satu malam gar dingin. Jika baglog pecah karena pengkusan segera tempel atau tutup agar tidak terkontaminasi dengan udara luar. Belilah benih jamur kemudian masukkan kedalam baglog diruangan tertutup dan telah disterilisasi dengan alkohol. Biarkan baglog hingga putih semua (1 bulan). Jika sudah putih seluruh permukaan baglog, buka ikatan dan mulailah menyemprot baglog 2 x sehari (pagi dan siang atau setiap baglog kering) agar kelembaban.

Pemasaran
Pemasaran yang baik adalah dengan menjalin hubungan kerja sama, misalnya dengan super maket. Jika anda masih dalam tahap pemula maka jual kepada tetangga dan rumah makan yang menyediakan menu jamur.
Sekian dan tetap semangat menjadi seorang pengusaha muda !!!

About Unknown

Adds a short author bio after every single post on your blog. Also, It's mainly a matter of keeping lists of possible information, and then figuring out what is relevant to a particular editor's needs.

Tidak ada komentar:

Leave a Reply


Top